Tugas basis data 2
06.33 | Author: Sweet Pinguin
Photobucket

Photobucket

Ket: My SQL merupakan salah satu sistem manajemen database ( database management system ) atau bisa disebut dengan DBMS, yang berarti relasional menyimpan data dalam tabel-tabel yang terpisah, disamping karena kehandalannya, kecepatan dan fleksibilitasnya. Adapun database sederhana yang saya buat, yang memiliki 3 tabel dengan nama "LPK" yaitu:
1.Siswa
-NIS ( 8)
-Nama ( 25 )
-Alamat siswa ( 30 )
2. Kursus
-ID kursus ( 4 )
-Nama kursus ( 15 )
-Satuan ( 2 )
3.Instruktur
-ID instruktur ( 4 )
-Nama instruktur ( 15 )
-Alamat instruktur ( 25 )

Unnormalized
Photobucket

Photobucket

Ket:kumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu. Data dikumpulkan apa adanya sesuai dengan saat menginput data.

1 NF/First Normal form

Photobucket

Photobucket

Ket: Suatu relasi 1 NF jika sifat dari setiap relasi atributnya bersifat atomik. Atomik adalah zat terkecil yang masih memiliki sifat induknya, bila dipecah lagi maka ia tidak memiliki sifat induknya.

2 NF/Second Normal form

Photobucket

Photobucket

Ket: Memenuhi kriteria bentuk normal kesatu dan atribut bukan kunci haruslah bergantung secara fungsi, pada kunci utama/primary key serta kunci field haruslah unik dan dapat mewakili atribut lain yang menjadi anggotanya.

3 NF/ Third Normal form

Photobucket

Photobucket

Ket: Relasi haruslah dalam bentuk normal kedua dan semua atribut bukan primer tidak punya hubungan yang transitif. Dengan kata lain, setiap atribut bukan kunci haruslah bergantung hanya pada primary key dan pada primary key secara menyeluruh.
(*)= primary key
(**)=foreign key
|
This entry was posted on 06.33 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Komentarnya: